Tips dan Trik [Panduan Pemula] Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel 2007
Fungsi average sering sekali dipergunakan untuk mencari
besaran nilai rata-rata dari kumpulan data dalam periode tertentu atau
sekelompok data.
Saya sudah buatkan data seperti di gambar ini, nah tugas kita adalah menghitung nilai rata-rata dengan fungsi tersebut.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Saya sudah buatkan data seperti di gambar ini, nah tugas kita adalah menghitung nilai rata-rata dengan fungsi tersebut.
- Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus =average(C2:C11) lalu enter. Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average(, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.
- Selesai, nilai rata-rata sudah didapatkan.
- Tapi bagaimana kalau datanya terdiri dari banyak kolom mas? Sama saja, hanya ada sedikit penyesuaian.
- Hitung nilai rata-rata di kolom paling depan dahulu, rumusnya sama seperti tadi.
- Kalau sudah sekarang arahkan kursor ke kotak nilai rata-rata kolom pertama sampai muncul tanda plus (+), kemudian klik dan tarik sampai ke kolom data paling ujung. Lepas dan rumus akan otomatis diterapkan ke semua kolom. Dengan begitu Anda tidak harus memasukkan rumus satu-satu ke kolom data.
- Hasilnya seperti ini.
- Cara yang sama juga dapat Anda terapkan untuk mencari nilai rata-rata setiap barisnya. Masukkan rumus average ke kolom paling kanan baris paling atas.
- Setelah hasilnya didapat, arahkan kursor ke tepi kanan nilai rata-rata pertama kemudian klik dan tarik sampai ke baris paling bawah.
- Hasilnya seperti ini. Nilai rata-rata sudah berhasil dihitung baik untuk kolom maupun baris.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar